Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembiasaan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Asas Islam Kalibening dalam membentuk karakter siswa. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Temuan menunjukkan bahwa berbagai program pembiasaan keagamaan, seperti Rabu Qur’ani, shalat Zuhur berjamaah, shalat Dhuha, membaca Al-Qur'an, dan kegiatan ziarah kubur, terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai religius dan membentuk karakter positif pada siswa. Artikel ini menyimpulkan bahwa pembiasaan keagamaan yang terstruktur dan konsisten memiliki peran krusial dalam pendidikan karakter di lingkungan madrasah. Pembiasaan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Asas Islam Kalibening terbukti efektif dalam membentuk karakter siswa.
Copyrights © 2025