Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Implementasi Dan Tantangan Penggunaan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Quran: Studi Kasus Di Rumah Baca Relawan Muda Peduli Nusantara

Sari, Novita (Unknown)
Afriani, Tiara (Unknown)
Nabila, Putri (Unknown)
Nugraha, Muhamad Yudistira (Unknown)
Mansur, Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Al-Qur'an di Rumah Baca Relawan Muda Peduli Nusantara. Metode ini menekankan pada penggunaan irama dan ketukan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an, khususnya dalam aspek makhraj, tajwid, dan kelancaran. Meskipun metode ini menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak, tantangan seperti variasi kemampuan peserta didik dan kurangnya sumber daya tetap perlu diatasi. Hasil penelitian diharapkan memberikan rekomendasi strategis untuk mengoptimalisasi penerapan metode An-Nahdliyah dalam konteks pendidikan nonformal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...