Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang bertujuan untuk mendidik kepribadian, karakter, dan keterampilan anak-anak Indonesia melalui kegiatan di alam terbuka. Penelitian ini menyelidiki bagaimana nilai-nilai Dwi Satya dan Dwi Dharma pada anggota Pramuka Siaga kelas 3 di SDN Cibeureum 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang meliputi observasi dan studi literatur. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa nilai-nilai Dwi Satya, seperti menjalankan kewajiban terhadap Tuhan, negara, dan keluarga, serta berbuat kebaikan setiap hari, diterapkan melalui pembelajaran sederhana, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan anak-anak. Demikian pula, nilai Dwi Dharma, seperti berbakti kepada orang tua serta berani dan tidak putus asa, diterapkan melalui kegiatan harian, simulasi, dan pembiasaan di lingkungan sekolah maupun rumah. Penerapan nilai-nilai ini melibatkan pembina, siswa, dan orang tua secara aktif, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter anak yang disiplin, bertanggung jawab, dan peduli. Aktivitas seperti menyanyikan lagu kebangsaan, membantu orang tua, dan berbagi dengan teman memperkuat nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan siswa. Dengan pendekatan sistematis dan integratif, penelitian ini menegaskan pentingnya peran Gerakan Pramuka dalam mengembangkan potensi anak dan membentuk Individu yang memiliki karakter luhur dan memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar.
Copyrights © 2025