Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pendidikan Karakter Cinta Damai Sebagai Fondasi Kehidupan Harmonis

Handayani, Riski (Unknown)
Nursikin, Mukh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang implementasi nilai Pendidikan KarakterCinta Damai sebagai Fondasi Masyarakat Harmonis di SMP Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter cinta damai pada siswa di SMP Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang Jawa Tengah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter cinta damai di SMP Negeri 1 Bawen telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai program dan kegiatan, seperti budaya sekolah 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun), pembelajaran di kelas, program layanan BK, Jumat Tematik, classmeet dan gelar karya, ekstra pramuka, serta projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan membuat video literasi tentang sekolah anti bullying. Faktor pendukung pendidikan karakter cinta damai di SMP Negeri 1 Bawen antara lain kemauan dan semangat anak, dukungan pihak sekolah, kerjasama yang baik antar guru dan staf karyawan, serta kesadaran guru dan warga sekolah akan pentingnya pendidikan karakter. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendidikan karakter cinta damai telah berhasil membentuk karakter siswa yang ramah, sopan, santun, dan cinta damai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...