Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di UPT SMP Negeri 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di UPT SMP Negeri 2 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Demikian pula, motivasi kerja juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan, kemampuan kerja dan motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Dengan demikian, peningkatan kemampuan dan motivasi kerja guru secara langsung akan meningkatkan kualitas kinerja guru di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil uji F yang telah diperoleh maka didapatkan Fhitung >Ftabel 67.565 > 3.14 dan nilai sig 0.000<0.05 sehingga disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh simultan terhadap variabel Y.
Copyrights © 2025