Perkembangan teknologi internet telah mengubah cara memperoleh informasi dan berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu. Dampak teknologi terhadap pendidikan terlihat pada pembentukan karakter siswa SMP, yang rentan terpengaruh konten digital negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana teknologi dan kompetensi pengajar berpengaruh terhadap perkembangan karakter siswa. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan systematic literature review, melibatkan identifikasi, analisis, dan interpretasi literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan teknologi dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif terhadap karakter siswa, seperti kreativitas, tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama. Kompetensi guru menjadi faktor kunci untuk membimbing dan menanamkan nilai karakter, sehingga penggunaan teknologi dapat diarahkan secara bijak. Implikasi praktis menunjukkan perlunya koordinasi antara guru, sekolah, dan orang tua untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang adaptif, etis, dan mampu menghasilkan siswa berkarakter kuat serta berdaya saing di era digital.
Copyrights © 2025