Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Dan Perilaku Vulva Hygiene Pada Remaja Putri Saat Menstruasi Di SMK Pab 2 Helvetia Tahun 2025

Yuniati, Yuniati (Unknown)
Nasution, Ramadhani safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2025

Abstract

Menstruasi merupakan tanda seorang perempuan telah memasuki usia pubertas. Kebersihan diri saat menstruasi merupakan tindakan menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan saat menstruasi. Vulva hygiene adalah upaya merawat kebersihan organ kewanitaan bagian luar atau pada bibir vagina. Pengetahuan seseorang memiliki dampak signifikan pada perilaku yang mereka tunjukkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Dan Perilaku Vulva Hygiene Pada Remaja Putri Saat Menstruasi Di SMK PAB 2 Helvetia Tahun 2025. Metode penelitian ini menggunakan survey analitik berisi uraian-uraian dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 102 responden dan cara pengambilan sampel menggunakan rumus slovin untuk memperkecil populasi dan menjadi sampel yang berjumlah 50 responden. Pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yaitu data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan dengan uji Chi-Square. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan tingkat pengetahuan dengan sikap remaja putri (0,001) dan tingkat pengetahuan dengan perilaku vulva hygiene (0,001) < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan ada hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap dan perilaku vulva hygiene pada remaja putri saat menstruasi. Disarankan penelitian ini dapat terus meningkatkan kebersihan vulva hygiene pada remaja putri saat menstruasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...