Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

The Pengaruh Strategi Komunikasi Advokasi Dinas Lingkungan Hidup terhadap Tingkat Kepatuhan Masyarakat dalam Kebijakan Larangan Penggunaan Kantong Plastik Sekali Pakai di Kota Palangka raya

Margori, Margori (Unknown)
Saputra, Ongky (Unknown)
Azizah, Rahmalia Wulan (Unknown)
Suprayitno, Suprayitno (Unknown)
Grestyana, Nadya (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2025

Abstract

Keberhasilan kebijakan bergantung pada efektivitas strategi komunikasi advokasi yang diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi advokasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya terhadap tingkat kepatuhan masyarakat dalam kebijakan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Populasi dalam dalam penelitian ini terdiri dari 150 masyarakat Kota Palangka Raya. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Krejcie dan Morgan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatori terhadap 108 responen yang dipilih secara purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), sedangkan analisis data menggunakan model regresi linear sederhana melalui SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi advokasi DLH berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan masyarakat. Komunikasi advokasi yang baik akan membangun kesadaran ekologis dan mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju kepatuhan terhadap kebijakan lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...