Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Modal Usaha Dan Pengalaman Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pips Universitas Jambi

Ardhani, Deliana (Unknown)
Arief , Hidayatul (Unknown)
Putra, Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2025

Abstract

Sebagian besar mahasiswa PIPS FKIP Universitas Jambi yang berwirausaha mengalami kesulitan mempertahankan usahanya. Faktor penyebab yang sering muncul meliputi keterbatasan modal, kurangnya pengalaman, strategi pemasaran yang lemah, kesulitan membagi waktu, serta kurangnya minat pembeli. Kondisi ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pengetahuan kewirausahaan yang diperoleh di perkuliahan dengan praktik usaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner pada 40 mahasiswa menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, uji normalitas Shapiro–Wilk, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil Shapiro–Wilk menunjukkan nilai sig > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Hasil regresi menunjukkan variabel X1 memiliki thitung < ttabel sehingga tidak berpengaruh positif, sedangkan variabel X2 memiliki thitung > ttabel dengan pengaruh sebesar 0,567. Nilai determinasi 75,5% menunjukkan kontribusi besar kedua variabel. Meskipun modal usaha tidak menjadi faktor utama, modal tetap berperan menyediakan sumber daya yang mendukung operasional. Pengalaman berwirausaha terbukti menjadi faktor paling berpengaruh karena memberikan kemampuan mengambil keputusan, strategi menghadapi risiko, serta pemahaman pasar. Dapat disimpulkan kedua variabel independen tersebut saling melengkapi dalam meningkatkan keberhasilan usaha mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...