Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Strategi Diversifikasi Sumber Pendanaan dan Efektivitas Anggaran dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kayutrejo Widodaren Ngawi

Surahman, Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi diversifikasi sumber pendanaan serta efektivitas pengelolaan anggaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kayutrejo Widodaren Ngawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah ini sangat bergantung pada tiga sumber pendanaan utama, yaitu dana pemerintah, sumbangan masyarakat, dan yayasan. Meskipun demikian, dana yang tersedia belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang berkembang. Diversifikasi sumber pendanaan, yang melibatkan sektor swasta, masyarakat, dan alumni, ditemukan sebagai solusi untuk meningkatkan stabilitas keuangan dan kualitas pendidikan. Selain itu, pengelolaan anggaran yang lebih transparan dan efisien diperlukan untuk memastikan bahwa setiap dana yang ada digunakan secara optimal. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan anggaran yang baik dan diversifikasi pendanaan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Penelitian ini juga merekomendasikan agar madrasah terus memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...