Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Website Akademik Siuber terhadap Efektivitas Layanan Administrasi Mahasiswa di Universitas Palangka Raya

Manalu, Enjelika (Unknown)
Trinita, Intan (Unknown)
Rhama, Bhayu (Unknown)
Ramadhany, Ridha (Unknown)
Apriani, Gradila (Unknown)
Bertho, Edward Melio (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Situs Web Akademik SIUBER terhadap efektivitas layanan administrasi mahasiswa di Universitas Palangka Raya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas layanan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelatif deskriptif dengan sampel 108 mahasiswa yang dipilih melalui sampling purposif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, linearitas, regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil menunjukkan bahwa SIUBER tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas layanan administrasi, dengan nilai signifikansi 0,606 (> 0,05) dan koefisien regresi -0,120. Nilai R² yang rendah menunjukkan bahwa SIUBER hanya sedikit berkontribusi dalam menjelaskan variasi efektivitas layanan. Temuan ini menunjukkan bahwa efektivitas layanan masih dipengaruhi oleh faktor lain, seperti kualitas jaringan, stabilitas sistem, kemampuan pengguna, dan dukungan staf administratif. Optimasi fitur, peningkatan keandalan teknologi, dan pelatihan pengguna diperlukan agar SIUBER dapat memiliki dampak yang lebih signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...