Jurnal Ilmiah Al-Hadi
Vol 11 No 1 (2025): Juli - Desember

DESAIN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN

Siregar, Bahtiar (Unknown)
Harahap, M. Yunan (Unknown)
Damanik, Bambang Hardian (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Desain Kurikulum Pendidikan Islam Integratif dalam Mewujudkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembentukan karakter religius sebagai tujuan utama pendidikan Islam, khususnya pada lembaga pendidikan yang mengedepankan perpaduan antara nilai-nilai keagamaan dan kegiatan pembelajaran formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan disusun secara integratif, yakni menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor melalui kegiatan pembelajaran di kelas, program pembiasaan ibadah seperti shalat berjamaah dan tahfiz Al-Qur’an, serta pembudayaan nilai dan keteladanan lingkungan sekolah. Kurikulum tersebut tidak hanya menekankan penguasaan materi pendidikan agama, tetapi juga memberikan pengalaman religius yang berkelanjutan sehingga membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, akhlak santun, dan kesalehan personal serta sosial peserta didik. Dengan demikian, penerapan kurikulum pendidikan Islam yang integratif terbukti efektif dalam membangun karakter religius peserta didik secara holistik dan berkesinambungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alhadi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Al-Hadi is a scientific publication that efforts to facilitate academic articles and scholarly writings of a number studies in empirical research in the field of Islamic Studies. Jurnal Ilmiah Al-Hadi is open to academics, students, researchers, and practitioners who are interested in ...