Salah satu kemampuan matematika yang sangat penting untuk keberhasilan siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis masalah berdampak pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK Bina Satria Medan Kelas X TKJ. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem persamaan linear dua variabel. Sample penelitian ini terdiri dari 60 siswa dari kelas X SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan, terdiri dari 30 siswa di kelas kontrol dan 30 siswa di kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai sig . Siswa yang menggunakan model ini rata-rata mendapatkan nilai 58,80, sedangkan siswa yang tidak menggunakan model ini rata-rata mendapatkan nilai 39,87. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematis meningkat secara signifikan sebagai hasil dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah.
Copyrights © 2025