JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 19 No 2 (2025): Jurnal Perspektif Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau

Ranita, Ranita (Unknown)
Elly, As (Unknown)
Nugroho, Khathibul Umam Zaid (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau dengan jumlah 116 orang dan sampel diambil secara acak yaitu kelas VIII.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai Posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kotrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai , karena maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...