Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

IMPLEMENTASI NILAI NILAI TRADISI BEKARANG IKAN DESA PASAR TERUSAN MUARA BULIAN DALAM KARYA TARI

Chindika, Chindika Parinci Utami (Unknown)
Widi Hartati (Unknown)
Putri Dwi Rahayu (Unknown)
M. Rivaldi (Unknown)
Bambang Saputra (Unknown)
Vedro Albi (Unknown)
J Manosortala Panjaitan (Unknown)
Dwi Diki Junior (Unknown)
Aulia Rahman Siddiq (Unknown)
Occha Khayla Ramadhani (Unknown)
Ulpi Romadhona Nurdanti (Unknown)
Emanuel Hosa Kurnia Adi (Unknown)
Destrinelli (Unknown)
Mohammad Komadri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Tradisi bekarang ikan di Desa Pasar Terusan, Muara Bulian, merupakan salah satu warisan kearifan lokal yang diwariskan lintas generasi dan masih dilestarikan hingga kini. Prosesi ini dilaksanakan pada musim kemarau saat air surut di lubuk larangan, yaitu kawasan perairan yang dijaga bersama masyarakat sepanjang tahun untuk memastikan keberlangsungan ekosistem ikan. Bekarang tidak hanya dipahami sebagai aktivitas menangkap ikan, tetapi juga wujud rasa syukur kepada Tuhan, sarana memperkuat solidaritas sosial, serta bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Rangkaian doa bersama, kerja sama saat proses penangkapan ikan, hingga makan basamo setelah kegiatan memperlihatkan integrasi nilai religius, sosial, dan ekologis yang menyatu dalam satu perayaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bekarang berfungsi sebagai media pendidikan budaya, penguatan identitas kolektif, serta pelestarian lingkungan berbasis adat yang tetap relevan di tengah tantangan modernisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...