Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pendidik dalam menanamkan nilai karakter kepada peserta didik melalui pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Latar belakang penelitian didorong oleh rendahnya internalisasi nilai karakter pada peserta didik, sehingga menuntut keterlibatan aktif pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SDN 15/II Candi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik berperan sebagai fasilitator, pengelola, dan demonstrator yang berkontribusi terhadap penanaman nilai religius, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. Implikasi penelitian menekankan pentingnya penguatan kompetensi pedagogik, keteladanan pendidik, serta dukungan kelembagaan sekolah agar implementasi pendidikan karakter melalui P5 dapat berlangsung lebih efektif. Secara konseptual, temuan ini memperkaya literatur pendidikan karakter di sekolah dasar dengan menegaskan peran strategis pendidik dalam membentuk peserta didik yang berintegritas dan berkarakter kuat.
Copyrights © 2025