Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 3, No 2 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Pemberdayaan Masyarakat Desa Yang Buta Huruf

Hidayah Quraisy (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rosleny Babo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif dan teknik Purposive Sampling.ditunjang pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, teknik dokumentasi dari hasil foto dan arsip yang dimiliki pemerintah setempat. Dalam penelitian ini Pemerintah setempat, pengelolah, tutor atau pengajar, dan masyarakat yang buta huruf di desa Bontomarannu yang dianggap bisa memberikan informasi atau data yang sesuai dengan penelitian.Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa apa yang diharapkan oleh pemerintah dengan diselenggarakannya program Pemberdayaan masyarakat desa yang buta huruf telah tercapai, yaitu adanya kemajuan warga belajar dalam bidang sosial maupun ekonomi. Secara  sosial, masyarakat yang dulunya buta huruf sekarang mampu membaca, menulis, dan berhitung. Sedangkan secara ekonomi, masyarakat mampu berwirausaha secara mandiri dengan menerapkan materi keterampilan fungsional yang  telah  diberikan  pada waktu proses pembelajaran program pengentasan buta huruf yang dilaksanakan oleh  PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Satria Galesong.  Kata Kunci : Pemberdayaan, Masyarakat, Buta Huruf. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...