Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran yang sangat penting dalam pembentukan etika sosial siswa di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan materi PAI dapat mempengaruhi pembentukan karakter dan perilaku sosial siswa, khususnya dalam konteks hubungan antar sesama, tanggung jawab sosial, dan sikap toleransi. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan observasi, penelitian ini menemukan bahwa pengajaran PAI yang menekankan pada nilai-nilai moral dan etika dapat membentuk kesadaran sosial siswa untuk lebih peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Selain itu, penerapan metode pembelajaran yang berorientasi pada diskusi dan refleksi pribadi terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya berperilaku etis dan menghormati perbedaan di dalam masyarakat. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran kunci dalam mengarahkan dan memberi teladan positif kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2025