Business Management and Entrepreneurship Journal
Vol 4, No 2 (2022)

ANALISIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PENGUNJUNG OBYEK WISATA PANTAI PANGANDARAN

Diki Mardiana Derista (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GALUH CIAMIS)
Nurdiana Mulyatini (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GALUH)
Kasman Kasman (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GALUH CIAMIS)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Analisis Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Obyek Wisata Pantai Pangandaran. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah: 1]Bagaimana penerapan metode Quality Function Deployment pada obyek wisata Pantai Pangandaran?; 2]Bagaimana tingkat kepuasan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran?; 3]Bagaimana penerapan metode quality function deploymnet untuk meningkatkan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1] Penerapan metode Quality Function Deployment pada obyek wisata Pantai Pangandaran; 2]Tingkat kepuasan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran; 3]Penerapan metode quality function deploymnet untuk meningkatkan pengunjung pada obyek wisata Pantai Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode survey dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Pengelolaan obyek wisata Pantai Pangandaran dalam memberikan fasilitas–fasilitas umum belum optimal; Kepuasan pengunjung Obyek Wisata Pantai Pangandaran masih belum optimal; Hasil analisis dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) atribut Voice of Customer dan Technical Response dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang lemah, sedangkan biaya dan harga memiliki hubungan yang kuat. sebaiknya pengelola perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk dengan memahami apa saja harapan-harapan konsumen serta mampu meningkatkan fasiliatas-fasilitas yang tersedia. Kata Kunci      : Manajemen Pariwisata, Quality Function Deploymenet (QFD), Kepuasan Pengunjung

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bmej

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Business Management and Entrepreneurship Journal (BMEJ) is an open access and peer-reviewed academic journal, which is published by Economic Faculty Management Program, Universitas Galuh. This Journal is created for publication from the result of research in management, business and entrepreneurship ...