ABSTRAKPengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Smartphone Samsung. Dewi Rahmawati, 2016. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M., (Pembimbing I) Dan Bapak Kasman,Drs.,M.M. (Pembimbing II).Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya identitas merek dalam penjualan smartphone samsung sehingga smartphone dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi/naik turunnya penjualan smartphone. Selain itu Konsumen masih kurang mampu membedakan simbol/logo atau slogan merek produk dengan merek pesaing, konsumen sangat sulit di jaga kesetiaannya, loyalitas pada smartphone samsung masih rendah. Berdasarkan latarbelakang di atas, untuk membatasi masalah yang diteliti penulis merumuskan tujuan sebagai berikut: 1) Besarnya pengaruh identitas merek pada smartphone samsung di Albani Celluler; 2) Besarnya pengaruh loyalitas konsumen pada smartphone samsung di Albani Celluler; 3) Besarnya pengaruh identitas merek terhadap loyalitas konsumen pada smartphone samsung di Albani Celluler;Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan teknik survey. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah seluruh konsumen yang berkunjung ke Albani Celuller sejumlah 1077 orang pertahun, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 79 orang.Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Identitas merek pada Albani Celuller Rajadesa termasuk kategori cukup baik; 2) Loyalitas konsumen pada Albani Celuller Rajadesa termasuk kategori baik; 3) identitas merek memiliki hubungan dengan loyalitas konsumen dengan hasil uji korelasi sebesar 0,51 yang memiliki tingkat hubungan sedang/cukup kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 25%. Jadi dari hasil perhitungan ternyata identitas merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima/teruji kebenarannya. Mengingat identitas merek berpengaruh pada loyalitas konsumen maka sebaiknya pihak perusahaan lebih meningkatkan identitas merek untuk menguasai pasar dengan memaksimalkan produk yang di pasarkan, sehingga tingkat loyalitas konsumen akan lebih meningkat. Kata kunci : identitas merek dan loyalitas konsumen
Copyrights © 2020