Business Management and Entrepreneurship Journal
Vol 6, No 1 (2024)

PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN CONSUMER REVIEWS TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING (Suatu Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Program Studi Manajemen Tahun Angkatan 2017/2018)

Atik Sugandi (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Nurdiana Mulyatini (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Iyus Yustini (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya produk kosmetik dan skincare yang masuk ke negara Indonesia. Dengan banyaknya produk kosmetik yang masuk membuat hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap produk dalam negeri, sehingga masyarakat cenderung memilih dan menggunakan kosmetik yang berasal dari luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Country of origin dan consumer reviews terhdap minat beli produk scarlett whitening pada Mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuatintitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis yang masih aktif sebanyak 165 orang, sampel yang dipilih sebanyak 62 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan dan kuesioner (angket).Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan country of origin terhadap minat beli pada Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Artinya, dengan adanya pencantuman negara asal di sebuah produk menambah nilai konsumen untuk membeli. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan consumer reviews terhadap minat beli pada Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Artinya, dengan banyaknya reviews yang diberikan konsumen di berbagai platform akan menambah minat beli konsumen. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap country of origin dan consumer reviews minat beli pada Mahasiswi Manajemen angkatan 2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Artinya, apabila Country of origin dan Consumer reviews sudah baik, maka Minat beli akan meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bmej

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Business Management and Entrepreneurship Journal (BMEJ) is an open access and peer-reviewed academic journal, which is published by Economic Faculty Management Program, Universitas Galuh. This Journal is created for publication from the result of research in management, business and entrepreneurship ...