Business Management and Entrepreneurship Journal
Vol 5, No 1 (2023)

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN (Studi Pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya)

Eneng Siti Maya Ulfah (Universitas Galuh)
Oyon Saryono (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Kasman Kasman (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah : 1).Bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya?.2)Bagaimana pengaruh lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya?.3)Bagaimana pengaruh kepercayaan dan lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya?.Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu : 1).Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya.2).Untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya.3).Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan lingkungan terhadap kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Sedangkan penggunakaan analisis data yang digunakan adalah analisisi koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji t dan uji F.Adapun hasil analisis data tersebut yaitu Kepercayaan dan Lingkungan memiliki korelasi terhadap Kualitas Pelayanan dengan tingkat korelasi kuat. Dari perhitungan di atas maka dapat diketahui persamaan regresinya yaitu : Y= 74,845+ X1 + X2 Yang artinya apabila bobot X1 bertambah 1 maka bobot Y akan mengalami kenaikan sebesar , begitu pula sebaliknya apabila X2 bertambah 1 maka Y akan mengalami kenaikan sebesar . Berdasarkan perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Kepercayaan dan Lingkungan terhadap Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 44,48% dan sisanya 55,52% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari perhitungan di atas dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 40.52543 lebih besar dari Ftabel sebesar 12.0234. Yang artinya Kepercayaan dan Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan. Dengan taraf nyata 10% yang berarti kita mempercayai 81% bahwa Kepercayaan dan Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan pada pasien UPTD Puskesmas Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Dan hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bmej

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Business Management and Entrepreneurship Journal (BMEJ) is an open access and peer-reviewed academic journal, which is published by Economic Faculty Management Program, Universitas Galuh. This Journal is created for publication from the result of research in management, business and entrepreneurship ...