Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 1, No 1 (2015)

KAJIAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Abdurohim Abdurohim (Unknown)
Enden Mina (Unknown)
Restu Wigati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

Pendidikan Karakter seharusnya sudah dimulai sejak sedini mungkin, baik ketika masih dalamkandungan ibu, dalam keluarga, kelompok bermain ataupun Pendidikan anak usia dini. Pendidikanpada usia dini pada dasarnya adalah pendidikan yang dilakukan oleh keluarga sebagai pusatpendidikan yang sangat berperan dalam proses perkembangan anak pada usia dini. Hal yangperlu disadari oleh orang tua adalah bahwa dengan mendapatkan pelayanan PAUD, perkembanganaspek psikologis dan psikis anak akan meningkat dan berkembang dengan lebih optimaldibandingkan anak yang tidak melalui PAUD. Faktor yang menyebabkan lambatnya pertumbuhananak usia dini adalah animo masyarakat atau kesadaran orang tua tentang pentingnya PAUD yangmasih rendah. Dasar pemikiran dalam penelitian yang akan dianalisa adalah bahwa dalammeningkatkan fungsi penyelenggaraan pendidikan anak usia dini lebih efektif perlu diketahuibeberapa faktor yang menyebabkan lemahnya tingkat pengetahuan masyarakat terutama kaumibu sebagai orang terdekat mengingat usia dini merupakan periode emas (goldenage) bagiperkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Metodologi yang digunakan dalampenelitian adalah metode deskritif kuantitatif dengan instrumen penelitian terdiri dari beberapadaftar pertanyaan (kuesioner). Pengolahan data menggunakan analisis statistik parametris melaluipengujian t-test terhadap responden yaitu ibu-ibu yang memiliki anak usia 4 sampai 6 tahun diKelurahan LebakgedeKecamatan Pulomerak Kota Cilegon.Kata kunci: PAUD, Pengetahuan Ibu, anak usia 4 – 6 tahun.

Copyrights © 2015