Untirta Civic Education Journal
Vol 2, No 1 (2017)

PENGGUNAAN MODEL ARIAS PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN PANANCANGAN 1

Annisa Sofia Wardah (Alumni Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untirta)
Damanhuri Damanhuri (Dosen Program Studi Penddikan Sosiologi FKIP Untirta)
Denny Soetrisna Adisendjaja (Dosen Program Studi Penddikan Sosiologi FKIP Untirta)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Panancangan 1 pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS sehingga mencapai minimal 90 % untuk keaktifan peserta didik dan 65 sesuai dengan nilai KKM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, setiap siklusnya mengadakan dua pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun teknik pengempulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengggunakan instrument tes, instrument observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Pada siklus pertama peserta yang hadir 29 dari jumlah 32 peserta didik, sedangkan pada siklus kedua jumalh peserta didik yang hadir 32 peserta didik. Diterapkannya model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Interest) menunjukan aktivitas dan hasil belajar meningkat. Pada siklus I rata-rata belajar peserta didik 77 % dan pada siklus II meningkat menjadi 98 %. Hal sama dengan rata-rata belajar siswa dari 79.3 pada siklus I meningkat menjadi 81,3 % pad siklus II. Sehingga simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) meningkatkan aktivitas dan belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Panancangan 1.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...