Untirta Civic Education Journal
Vol 2, No 2 (2017)

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER BUDAYA BANGSA

Febrian Alwan Bahrudin (Dosen Program Studi PPKn FKIP Universita Sultan Ageng Tirtayasa)
Istinganatul Ngulwiyah (Dosen Program Studi PG PAUD Universita Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian tentang implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa, yang dilaksanakan di SMA Negeri 15 Pandeglang Banten. Masalah pokok penelitian yaitu bagaimana implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa siswa di sekolah, nilai-nilai budaya bangsa sangatlah penting sebagai cerminan identitas masyarakat suatu bangsa dan hal ini pula yang harus diterapkan di sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan tentatang nilai-nilai budaya bangsa terhadap generasi penerus bangsa yaitu siswa, siswa harus dapat mengetahui dan memahami tentang budaya bangsa Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila sebagai bagian dari siswa yang baik ataupun warga negara yang baik, hal ini mendasari peran sekolah sebagai tempat mendidik siswa sebagai generasi muda penerus bangsa yang mengajarkan dan mendidik pentingnya nilai-nilai karakter bangsa, karena apabila nilai-nilai karakter budaya bangsa tidak diterapkan akan memiliki dampak negatif terhadap bangsa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa yang diterapkan di SMA Negeri 15 Pandeglang Banten sudah berjalan cukup bagus, hal ini tidak terlepas dari peran sekolah untuk berusaha selalu menerapkan nilai-nilai karakter budaya bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai cerminan warga negara yang baik, dalam penerapannya di sekolah implemnetsi nilai-nilai karakter budaya bangsa yang dilakukan di dalam kelas melalui pembelajaran dan di sekolah melalui budaya atau atauran-atauran yang mencerminkan nilai-nilai karakter budaya bangsa, dalam proses pembelajaran sebagai bentuk implementasi nilai-nilai karakter budaya bangsa guru dalam setiap kegiatan pembelajaran berusaha mengaitkan untuk mengajarkan dan mendidik siswa tentang nilai-nilai karakter budaya bangsa, dan selain di dalam kelas siswa juga diajarkan dan dididik melalui kegiatan di luar kelas dalam hal ini yaitu di lingkungan sekolah dengan menerapkan budaya akademik yang baik dan aturan aturan atau tata tertib sekolah selain itu juga guru berusaha selalu menampilkan pribadi yang baik sebagai contoh (role model) untuk siswa di sekolah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...