AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 6, No 3 (2017)

Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Luas Bangun Datar

Suyoto Suyoto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Mita Hapsari Jannah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) bagaimana proses pembelajaran materi luas bangun datar berbasis teori belajar konstruktivistik; serta (b) keefektivan pembelajaran tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Purworejo. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi teknik deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan kuantitatif uji-t. Setelah diadakan analisis pendahuluan didapatkan bahwa pembelajaran konstruktivistik ini dilakukan dengan multimedia Powerpoint, greenboard, dan pensil-kertas. Berdasarkan catatan lapangan dan observasi dua orang guru didapatkan bahwa pembelajaran telah terlaksana sesuai teori belajar konstruktivistik. Angket respon guru menghasilkan skor 39.5, serta uji-t menghasilkan thitung = 2.016 > 1.645 =  ttabel. Artinya pembelajaran berbasis teori belajar konstruktivistik efektif secara signifikan untuk meningkatkan prestasi belajar.  

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...