Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Arjowilangun 04 Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke II dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe take and give. Ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II.Abstract: This study aims to improve the cognitive learning outcomes of fifth grade students of SDN Arjowilangun 04 Malang Regency in the academic year 2014/2015. This type of research is a classroom action research consisting of two cycles. Data collection techniques using observation, questionnaires, interviews, and tests. The results showed that there was an increase in student learning outcomes from cycle I to II using the take and give type of cooperative learning. This can be seen from the completeness of student learning outcomes in cycle I by 66% and increased to 93% in cycle II.
Copyrights © 2017