Gema Pendidikan
Vol 20, No 2 (2013): JURNAL GEMA PENDIDIKAN

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI ANALISIS REAL MELALUI MODEL JIGSAW

Latief Sahidin Latif (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi Analisis Real melalui model Jigsaw berbasis lesson study. Prosedur penelitian terdiri dari 3 siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan Refleksi (see). Subjek dalam penelitian adalah 54mahasiswa yang memprogram matakuliah Analisis Real 2015.2 Jurusan Pendidikan Matematika UHO. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa dari siklus I, II dan III. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan memberikan argument logis sebesar 22.22%, kemampuan mengajukan pertanyaan, gagasan/ide sebesar 18.51%, keaktifan dalam diskusi materi 44.44%, dan rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 70.13% di akhir siklus III.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...