PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 4, No 2 Oktober (2015): PAUDIA

UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI LAGU ?óÔé¼?ôDUA MATA SAYA?óÔé¼?Ø PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2015

Dewi Sakinah (Unknown)
Purwadi . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak kelompok A, Semester I Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 16 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus tiga pertemuan, dimana masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan kepercayaan diri. Dapat dilihat dari perkembangan kepercayaa diri pra siklus pada kategori baik sebesar 12.5%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 31.25% dan pada siklus II kepercayaan diri anak meningkat sebesar 77.08%. Faktor penyebab terjadinya peningkatan ini adalah karena melalui kegiatan bernyanyi lagu ?óÔé¼?ôDua Mata Saya?óÔé¼?Ø anak berani bertindak dan yakin pada diri sendiri yaitu ditunjukkan melalui berani maju di depan teman-temannya baik maju secara individu maupun secara berkelompok. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui kegiatan bernyanyi lagu ?óÔé¼?ôdua mata saya?óÔé¼?Ø dapat meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Semarang tahun ajaran 2015/2016 . Saran bagi pendidik agar berupaya meningkatkan kepercayaan diri dengan kegiatan yang lebih bervariasi, salah satunya melalui kegiatan bernyanyi lagu ?óÔé¼?ôDua Mata Saya?óÔé¼?Ø . bagi sekolah agar menjadi wadah berlangsungnya pendidikan anak usia dini yang mempu memberikan kegiatan pembelajaran yang banyak melibatkan anak secara langsung dan anak lebih aktif dalam pembelajaran.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...