PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 5, No 2 (2016)

ANALISIS NILAI MORAL KISAH TELADAN DALAM MAJALAH TAWAKAL DI RA MANDA NGALIYAN SEMARANG SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2016/2017

Soraya Rosna Samta (Unknown)
Mila Karmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2016

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral kisah teladan dalam majalah tawakal. Peneliti berharap penelitian ini memberikan pembelajaran moral bagi anak-anak, terutama anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivime, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Metode pengumpulan data, menggunakan wawancara, simak catat dan dokumentasi. Tekhnik keabsahan data trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, seleksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat banyak nilai moral yang terkandung di kisah teladan dalam majalah tawakal. Nilai moral tersebut diantaranya nilai moral positif seperti: tanggung jawab, tolong menolong, peduli, sabar, keberanian, dan kebijaksanaan serta nilai moral yang negatif: kejam dan berprasangka buruk. Saran yang peneliti berikan sebaiknya orang tua memberikan tauladan moral yang baik kepada anaknya. Bagi guru menerapkan dan memberi contoh nilai-nilai moral melalui berbagai media yang bervariasi. Bagi PD IGRA sebaiknya menuliskan sebuah kisah teladan dalam majalah tawakal lebih menarik bergambar dan berwarna.Kata kunci: nilai moral, kisah teladan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...