Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG DI AJARKAN DENGAN PHET SIMULATION DAN PRAKTIKUM DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG

Muhammad Rizki Fajri (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Elisa (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Soewarno S (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitan yang berjudul Perbedaan Motivasi Belajar Fisika Siswa yang di Ajarkan dengan PhET Simulation dan Praktikum di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika siswa yang di ajarkan dengan phET Simulation dan praktikum di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA1,  X-IPA2, X-IPA3, X-IPA4, X-IPA5 dan X-IPA6 yang berjumlah 170 siswa, yang menjadi sampel adalah X-IPA1 yang berjumlah 26 siswa dan kelas X-IPA2 yang berjumlah 29 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan angket setelah di ajarkan dengan phET simulation dan praktikum. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai thitung = 8,5536 dan nilai ttabel = 2,02 dimana -ttabel thitung ttabel,  dimana  -2,02 8,5536 2,02  dengan demikian H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan motivasi belajar fisika siswa yang diajarkan dengan phET simulation dan praktikum. Kata Kunci : Motivasi Belajar, PhET Simulation, PraktikumAbstractThe research study of Differences of Motivation Studied Physics Students which Taught by PhET Simulation and Practical in SMA Negeri 1 Kembang Tanjong aims to know about differences of motivation studied physics which tught by phET Simulation and practical in SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. The research type which used  is experiment Quasi. The population of this research is the student on X-IPA1,  X-IPA2, X-IPA3, X-IPA4, X-IPA5 and X-IPA6 totally 170 students, the sample is X-IPA1 totally 26 students and X-IPA2 totally 29 students, the sampling taken by purposive sampling. The data taken with distributed instrument after teach by phET simulation and practical or experiment. Processing data is used by “uji-t”. Based on the results of the processing of the data has been analyzed, there is the criterion score thitung =  and the value of  ttabel = 2,02 that  -ttabel thitung ttabel so   -2,02 8,5536 2,02   thus H0 is rejected Ha received. Thus there is a difference of motivation studied physics students who are taught with the phET simulation and practical. Keywords: Motivation studied, phEt Simulation, Practical (experiment).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...