Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 2 (2017): April 2017

PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJARKAN MELALUI ALAT PERAGA DAN ALAT LABORATORIUM DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA

Cut Nanda Intania (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Abdul Hamid (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Muhammad Syukri (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar fisika peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga dan alat laboratorium di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen Pretest/Posttest. Dalam penelitian terdapat dua kelas sampel, yaitu satu kelas mendapat pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan satu kelas lainnya mendapat pembelajaran dengan menggunakan alat laboratorium. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah peserta didik kelas X1 dan kelas X2. Pengumpulan data diambil menggunakan angket, dengan jumlah pernyataan sebanyak 20 butir. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik kelas yang menggunakan alat peraga dengan alat laboratorium. Hasil pretest peserta didik kelas alat peraga sebesar 2960, dan alat laboratorium sebesar 2963. Untuk posttest, nilai motivasi peserta didik yang melakukan praktikum menggunakan alat peraga mendapatkan posttest sebesar 3120 dan kelas yang menggunakan alat laboratorium mendapatkan nilai 3117. Kata Kunci: Motivasi, alat peraga, alat laboratorium  AbstractThis study aimed to compare the motivation to learn physics students are taught using props and tools laboratory in SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. This research used a quasi-experimental pretest / posttest. In the study sample, there are two classes: one class gets learning by using props and one other class gets learning by using laboratory tools. The population in this study were class X SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Samples were taken using random sampling techniques. Classes are sampled are learners grade class X1 and X2. The collection of data is retrieved using a questionnaire, with the number of statements of 20 grains. Based on the results of data analysis there are differences in the motivation of learners class that uses props to the laboratory instrument. Results pretest learners props class of 2960, and a laboratory instrument for 2963. For the posttest, the value of learner motivation that doing practical use props to get posttest of 3120 and the class using a laboratory tool to get the value of 3117. Keywords: Motivation, props, laboratory instrument

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...