AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar fisika siswa kelas XI yang diajarkan menggunakan metode concept map dan metode mind map. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Banda Aceh pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pengujian hipotesis yaitu uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 7 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode mind map dan 34 siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode concept map. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar 76,2 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar 68,58. Pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung=3,02 sedangkan ttabel=1,67 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 yang diajarkan menggunakan metode mind map lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA 4 yang diajarkan menggunakan metode concept map. Kata kunci : Hasil Belajar, Concept Map, Mind Map AbstractThis study attempts to compares the results learn physics grade students XI taught using methods concept a binder and methods mind a binder. This study was conducted in SMAN 7 Banda Aceh in the year 2016/ 2017. The research is research his experiments with the testing of hypotheses namely the population t. The research is all students XI in SMAN 7 Banda Aceh in a lesson 2016/2017 consisting of 6 class. The total sample of the research is 64 students consisting of 30 graders XI MIA 1 as a class experiment taught in a mind map and 34 graders XI MIA 4 as a class control taught by using the method concept map. On class experiment study results obtained rata-rata 76,2 in class control study results obtained rata-rata 68,58. In standard significant α = 0,05 obtained tcount = 3,02 while ttable = 1,67 which means in this research Ha accepted. Based on the results of this research has been concluded that graders study results XI MIA 1 taught in a mind map better than the learn physics graders XI MIA 4 taught in a concept map. Keywords: study results, concept map, mind map.
Copyrights © 2016