AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, aktivitas guru dan peserta didik, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap penggunaan Model Pembelajaran Discovery Tipe Guided Discovery selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 16 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 19 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, tes berupa pre-test dan post-test, serta angket tanggapan peserta didik yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran pada setiap siklus, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap siklusnya dari kategori cukup menjadi sangat baik, (3) persentase ketuntasan peserta didik secara keseluruhan meningkat dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu 58%, 74%, dan 89%, serta (4) tanggapan peserta didik cenderung positif dimana 95% peserta didik menyatakan senang dan dapat memahami pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery tipe Guided Discovery. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery tipe Guided Discovery dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Hukum Newton Tentang Gravitasi. Kata kunci: Discovery, Guided Discovery, hasil belajar AbstractThis type of research is the Classroom Action Research (PTK) and the approach used in this study is the quantitative approach. The data used in this study comes from the class XI students of Mathematics and Science 2 SMAN 16 Banda Aceh the school year 2016/2017 with the number of 19 learners. Data collection instrument in this study is the observation sheets, test in the form of pre-test and post-test, and questionnaire responses of learners that the three analyzed using percentages test. The result showed that (1) an increase in activity of teachers and learners during the learning process in each cycle, (2) an increase in teachers' skills in managing learning in each cycle of the category enough to be very good, (3) the percentage of completeness learners whole increased from cycle 1 to cycle 3, namely 58%, 74% and 89%, and (4) the learners tend to be positive in that 95% of learners said he was happy and able to understand the learning by using model-type Guided Discovery Discovery. Based on data obtained from this study can be concluded that the application of learning models Guided Discovery Discovery type can improve learning outcomes of students in the subject matter On Newton's Law of Gravity. Keywords: Discovery, Guided Discovery, learning outcomes
Copyrights © 2017