Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DI AJARKAN DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN METODE DEMONSTRASI

. Habibie (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Thamrin K (Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Tarmizi (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran fisika kelas X SMAN 5 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIA1 dan kelas X MIA4 dengan jumlah sampel sebanyak46 orang. Penentuan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal,tes akhir dan pengolahan data menggunakan uji ANOVA, uji t, uji χ^2, dan uji F untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa pada taraf signifikan α = 5% dan dk = 44 menunjukkan bahwa nilai thitung ≤ ttabel, yaitu thitung 0,6 dan ttabel 1,68. Maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Artinya, tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran fisika kelas X-IA di SMAN 5 Banda Aceh.Kata kunci: Hasil belajar, metode eksperimen,metode demonstrasi. Abstract The research aimed to find out whether the learning outcomes of students who are taught by an experimental method better than on learning outcomes for students taught by demonstration methods in physics class X SMAN 5 Banda Aceh consisting of two classes of class X MIA1 and class X MIA4 with a sample of as much 46 people. The samples were carried out by simple random sampling. This study uses a quantitative approach. The data collection was done by using preliminary tests, final test and data processing using ANOVA, t-test, χ ^ 2, and F test to determine changes in student learning outcomes at significance level α = 5% and dk = 44 indicates that tcount ≤ ttable, namely tcount and ttabel 0.6 and 1.68. Then the alternative hypothesis (Ha) is rejected. That is, there is no difference in learning outcomes of students who are taught by an experimental method with the learning outcomes of students who are taught by demonstration methods in physics class X SMAN 5-IA in Banda Aceh.Keywords: learning outcomes, the experimental method, the method of demonstration.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...