Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Eriska Khairani (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Soewarno S (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Elmi Mahzum (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan permainan Ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika di MAN Darussalam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu X-IPA1 sebagai kelas eksperimen, dan X-IPA2 sebagai kelas kontrol.  Dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tertulis atau tes berupa sejumlah soal yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data yang diteliti bersifat homogen atau tidak. Kemudian untuk mengetahui apakah sampel yang diambil terdistribusi normal atau tidak. Untuk mengetahui adanya atau tidaknya perbedaan pengaruh hasil belajar yang segnifikan antara kelas X-IPA1 (eksperimen) dan X-IPA2 (kontrol), maka perlu dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (uji pihak kanan) dengan kriteria taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai thitung = 5,348313 dan nilai ttabel = 1,67109 dimana  thitung ttabel yang menunjukkan bahwa tolak H0 dan terima Ha. Dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dalam  mata pelajaran fisika MAN Darussalam Aceh Besar.Kata Kunci: Permainan, Ular tangga, Evaluasi         AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of the use of computer-based game of Snakes and ladders to the learning outcomes of students in the subjects of physics at MAN Darussalam. The sample used in this study were two classes of X-IPA1 as the experimental class, and X-IPA2 as the control class. For collect data, researchers used written test instrument or give a number of questions to students. The data which has been collected then tested the normality and the homogeneity test to know that the data which that taken are homogeneous or not, then to find out if sample taken normally distributed or not. To determine whether or not the differences in learning outcomes significant influence between classes X-IPA1 (as experiment) and X-IPA2 (as control), it’s  necessary to test the hypothesis. Test hypothesis is t-test (test right side) criteria segnifikan 0.05 level. Based on the results of data processing that have been analyzed are the criteria of value and the t = 5.348313 and t table = 1.67109 where tttable indicating that reject H0 and accept Ha. Where it can be concluded that there are significant use of computer-based game of snakes and ladders on the results of experimental class student learning in physics MAN Darussalam Aceh Besar.Keywords: Game, Snake ladder, Evaluation

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...