Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 2 (2017): April 2017

MINAT, SIKAP DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA

Cut casuarina (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
A Halim (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
Muhammad Syukri (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat, sikap dan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran fisika ditinjau dari indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa program studi pendidikan fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Karena data-data kuantitatif digunakan dalam analisis statistik parametrik dan interprestasi data disajikan dalam bentuk deskriptif. Jenis penelitian ini adalah description research (penelitian deskriptif) dalam bentuk korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu mahasiswa fisika leting 2013 dan leting 2014, pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian angket, dimana angket dibagikan secara acak kepada 50 orang mahasiswa/i fisika leting 2013/2014. Dalam usaha menjawab hipotesis, maka dalam penelitian ini dilakukan analisis Korelasi Produk Moment (KPM). Setelah koefisien korelasi didapat, kemudian diuji dengan uji statstistik t. Berdasarkan perhitungan uji korelasi yang telah dilakukan antara minat dan IPK terdapat nilai 0,146584, perhitungan uji korelasi antara sikap dan IPK terdapat nilai 0,049005, dan perhitungan uji korelasi antara persespsi terdapat nilai 0,017510. Hasil penelitian berdasarkan analisis korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara minat, sikap dan persepsi terhadap IPK mahasiswa Universitas Syiah Kuala.Kata kunci: minat, sikap, persepsi dan IPK                                                                             AbstractThe study, titled “Interests, Attitudes and Persespsi Students Againts Physics Education Seen From GPA at Student Physics Education Study Program”. This study aims to determine the interests, attitudes and perceptions of students towards learning physics in term of grade point average on a student of physical education. This study uses a quantitative approach. Because quantitative data used in parametric statistical analysis and interpretation of data presented in descriptive form. This type of research is the description of research (descriptive) in the form of correlation. The sample in this study is the ebtire population is a physics student leting 2013/2014, this research data collection was done by questionnaire division, where questionnaires were distributed randomly to50 students/i physics leting 2013/2014. In an attempt tp answer the hypothesis, so in this study analysis Priduct Moment Correlation (KPM. After the correlation coefficient obtained, then tested by statustical test (t). Based on the calculation of the correlation test was performed between interests and values contained GPA 0,146584, dan calculations correlation between attitudes and 0,017510. The results based  on correlation analysis shows that there is no relationship between the interests, attitudes and perceptions of students GPA Syiah Kuala University.Keywords: Interests, Attitudes, Perception and GPA

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...