Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERINTEGRASI

Nafilah Risha (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Tarmizi (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Saminan (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivisme dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tidakan Kelas dengan pendekatan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-1 MTs Negeri Tungkob tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa, peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, maupun peningkatan hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivisme cenderung positif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pesawat Sederhana. Kata kunci : Model ARIAS,hasil belajar AbstractThe results of physics  exam at MTs Tungkob can be influenced by several factors . One of that is method or model is not in accordance with the material that was delivered teachers. This research intend to know teachers and students’ activity, teacher’s skill in managing learning, the results and responses from students on using of ARIAS model integrated constructivism theory. The kind of this research is class research by approach descriptive statistics. The subject of this reseach is 36 students of VIII-1 at MTs Tungkob 2016 / 2017. The instrument to collect data which used in this research is observation, tests and survey that  analyzed the percentage test. The result showed the increase of  teachers and students’ activity, teacher’s skill in managing learning. The responses of students on using ARIAS model integrated constructivism theory is to be positive. From this research can be concluded that the implementation of ARIAS model integrated constructivism theory can improve the result on the simple machine. Keywords: ARIAS model, Results

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...