FamilyEdu
Vol 3, No 1 (2017): Family Edu

Pengalaman Belajar Anak Usia 5-6 Tahun dalam Aspek Kecerdasan Spiritual di TK Salman Al-Farisi Bandung

Pamungkas, Muhamad Imam (Unknown)
Cholifah, Yuristia Wira (Unknown)
Oktaria, Renti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

AbstrakAnak usia 5-6 tahun masih dikatakan masa-masa golden ages, dimana segala hal yang diterimanya dapat berpengaruh pada perkembangannya di masa yang akan datang. Segala yang diterimanya tersebut bisa didapatnya melalui penglihatan, pendengaran, perasaan, bahkan pengalaman hidupnya. Di antara pengalaman belajar yang harus diperoleh oleh anak sejak dini adalah terkait dengan pengembangan kecerdasan spiritualnya. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang sangat urgen dan mutlak dimiliki oleh setiap orang dan diperolehnya sejak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan tipe studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah dokumen terkait pengalaman belajar dalam aspek kecerdasan spiritual di TK Salman Al-Farisi Bandung. Sedangkan sumber data sekunder adalah guru-guru, orang tua dan pengambil kebijakan di TK Salman Al-Farisi Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik.Hasil pengalaman belajar dalam aspek kecerdasan spiritual anak usia 5-6 tahun di TK Salman Al-Farisi Bandung rata-rata Berkembang Sesuai Harapan, dengan fakta tidak semua anak yang lama bersekolah lebih baik dibandingkan yang baru masuk di TK B. Kata kunci : Belajar, Pengalaman Belajar, Kecerdasan, Spiritual, Anak Usia 5-6 Tahun.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

familyedu

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FamilyEdu Journal is a media distribution and dissemination of research results, studies and ideas in the field of education, especially Family Welfare Education and Home Economiccs Education. The editors receive written contributions from research findings and studies in the field of Family Welfare ...