Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Fitri Maulida (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala)
. Yusrizal (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala)
. Melvina (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran RQA dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X-MIA-1 di MAN Rukoh Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori baik menjadi sangat baik (3) ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus 1 sampai siklus 3, serta persentase ketuntasanan klasikal secara keseluruhan juga meningkat yaitu 73%, 81%, dan 92%. (4) respon siswa cenderung positif dimana 100% siswa menyatakan senang terhadap penggunaan strategi pembelajaran RQA ini dalam proses pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran RQA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Gerak Lurus.Kata kunci : Strategi Pembelajaran RQA, hasil belajar AbstractThe aim of this research is to know the results of student learning, teacher and student activities, teachers' skills in managing learning, and student responses to the use of the learning strategies of RQA in learning process. This type of research is the Classroom Action Research (PTK) and the approach used in this research is descriptive statistical approach. The subjects were students of class X-MIA-1 MAN Rukoh Banda Aceh the school year 2016/2017 totaling 26 students. Data collection instruments used in research that observation sheets, tests and questionnaires were analyzed using analysis of all three percentages. The results showed (1) an increase in activity of teachers and students during the learning process, (2) an increase in teachers' skills in managing the learning of the either category into very good (3) completeness of the individual as a whole increased from cycle 1 to cycle 3, and the percentage klasikal overall also increased to 73%, 81% and 92%. (4) The students' responses tend to be positive where 100% of the students said he was happy to use this the learning strategies of RQA in the learning process. From this study it can be concluded that the application of the the learning strategies of RQA can improve student learning outcomes on the subject of Straight Motion material.Keywords: Strategies RQA, learning outcomes

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...