Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2017): Januari 2017

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING DIPADU DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Thiya Zulfira (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Ngadimin (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)
. Melvina (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2017

Abstract

AbstrakAdapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran collaborative learning dipadu dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA N 8 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 8 Banda Aceh. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, yang terdiri dari 2 kelas yaitu X Mipa 1 dan kelas X Mipa 3 dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang.. Data penelitian ini berupa data pre-test dan post-test. Pengolahan data menggunakan statistik uji-t. Kelas X Mipa 1 sebagai kelas eksperimen (diajarkan menggunakan metode pembelajaran Collaborative learning dipadu dengan metode tutor Sebaya) sedangkan kelas X Mipa 3 sebagai kelas kontrol (diajarkan menggunakan scientific). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai tes yang berdistribusi normal, dan memiliki varians yang homogen. Dengan demikian penelitian dapat dilanjutkan. Hasil akhir diperoleh  yaitu 2,00. Oleh karena itu,  berada dalam penerimaan , akibatnya tolak  Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode Collaborative Learning dipadu dengan metode Tutor Sebaya di SMAN 8 Banda Aceh.Kata kunci : pengaruh, Metode Collaborative learning, Metode Tutor Sebaya, hasil belajar AbstractThe purpose of this research to know is there any influence learning collaborative learning methods combined with methods of peer tutors on learning outcomes in physics class X SMA N 8 Banda Aceh.The approach used in this study is the quantitative approach. The method used is an experimental method. The population in this study were students of class X SMAN 8 Banda Aceh. The sample selection was done by purposive sampling, Which consists of 2 classes of X 1 Mathematics and Natural Sciences and Mathematics and Natural X class 3 with a sample size of 32 people. This research data is data pre-test and post-test.Processing data using statistical t-test. Class X Mathematics and Natural Sciences 1 as an experimental class (taught using learning methods Collaborative learning is combined with the method of peer tutors) while the class X 3 Mathematics and Natural Sciences as the control class (taught using scientific).The result showed that the experimental class and the control class has a normal distribution test scores, and has a homogeneous variance.Accordingly, the search can be resumed. The final result obtained T_count ≥ T_table is 10.7 2.00. Therefore, T_count are in receipt H_a, consequently reject H_0 Thus it can be stated that there are significant learning outcomes of student.  taught using methods combined with methods Collaborative Learning Peer Tutor at SMAN 8 Banda Aceh .Keywords:Influence, Collaborative Learning Method, Method Peer tutoring.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...