Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 4, No 1 (2017): Juni

Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Multimedia Animasi terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Materi Gaya pada Siswa SMK

Ridwan, Ari (Unknown)
Supriawan, Dedi (Unknown)
Ariyano, Ariyano (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan multimedia animasi terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa SMK pada materi gaya dengan metode multimedia animasi dibandingkan dengan media diktat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda, tes dilakukan sebelum dan sesudah siswa diberikan treatment. Hasil penelitian yang dilihat dari nilai rata-rata N-Gain dari masing-masing kelompok menunjukkan pengaruh penggunaan multimedia animasi terhadap peningkatan penguasaan konsep. Kelas yang menggunakan multimedia animasi berada pada kategori sedang, sedangkan kelas yang menggunakan media diktat yang berada pada kategori rendah, sehingga terlihat terdapat  pengaruh penggunaan multimedia animasi terhadap peningkatan penguasaan konsep pada pembelajaran materi gaya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...