Membaca pemahamana dalah membaca dengan penuh penghayatan untuk menyerap apa yang dikuasai siswa/pembaca. Salah satu sarana sekolah yang mampu menumbuhkan minat baca siswa adalah melalui perpustakaan sekolah. Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah kontribusi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kuantitas/tingkat keseringan siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh dalam membaca di perpustakaan, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh, dan (3) kontribusi/kemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Banda Aceh dengan populasi sebanyak 62 siswa dan sampel sebanyak 62 siswa. Populasi diambil dari 2 kelas, yaitu kelas VA dan VB. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui angket dan tes. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dilakukan secara manual.Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) kuantitas/tingkat keseringan siswa dalam membaca di perpustakaan sebesar 73% atau tergolong dalam kategori baik, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh memiliki rata-rata 59 atau tergolong dalam kategori cukup, (3) berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui  yaitu sebesar 0,316 sedangkan  yaitu sebesar 4,00. Dengan demikian, , maka  dinyatakan diterima dan  dinyatakan ditolak kebenarannya, artinya tidak terdapat kontribusi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Kata Kunci :Kontribusi,PerpustakaanSekolah, MembacaPemahaman     
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017