Salah satu permasalahan dalamteknologi otomotif khususnya dalam EngineControl Unit adalah hal tersebut masih menjadirahasia dari produsen. Sehingga untuk mengaturputaran engine masih cukup sulit karena durasiinjektor telah di setting oleh produsen. Padatugas akhir ini dibahas bagaimanamengendalikan putaran engine berdasarkanposisi throttle dengan injektor sebagai aktuator.Proses pengendalian putaran engine inidilakukan pada posisi throttle 0% dan 5% ataudengan setpoint 1500 rpm dan 2000 rpm. Padapenelitian ini, proses perancangan KLFdilakukan menggunakan 3 Membership Function(MF) dengan metode Inferensi MAX-MIN danmetode Defuzzifikasi Center of Area (COA). Hasilpengujian menunjukkan bahwa KLF berhasildigunakan menjaga putaran engine pada setpointyang diinginkan dengan nilai Error steady statekurang dari 2%.Kata Kunci: Injeksi bahan bakar, putaranengine, Kontrol Logika Fuzzy, posisi throttle.
Copyrights © 2016