Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 4 No 2 (2016): Vol 4, No 2, 2016

Penerapan Pendekatan SSI (Socio-Scientifict Issues) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Fitrian Andryani (Unknown)
Hamsiah Djafar (Unknown)
Muhammad Qaddafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pendekatan SSI (socio-scientifictissues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyahdan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, mengetahui kemampuanberpikir kritis mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyahdan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan mengetahui perbedaankemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah penerapan pendekatan SSI (socio-scientifictissues) dengan menggunakan media power point mahasiswa baru angkatan 2015 JurusanPendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri AlauddinMakassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dan instrumendalam penelitian dengan tes essay dan observasi langsung. Menggunakan analisis deskriptifdan analisis inferensial. Hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh H1 diterimakarena thitung>ttabel atau 11,28>2,00. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatanyang tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis setelah penerapan pendekatan SSI(Socio-Scientifict Issues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan FisikaFakultas tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...