Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 4 No 1 (2016): Vol 4, No 1, 2016

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DIPADU DENGAN TEKNIK MINUTES PAPER DITINJAU DARI KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ)

Sitti Hasnah (Unknown)
Muh. Syihab Ikbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran (strategi Active Knowledge Sharing dipadu teknik Minute Paper dan tanpa teknik Minute Paper) dengan kecerdasan intelektual ( tinggi–rendah) dalam pencapaian hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN WAJO. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain faktorial. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN WAJO yang berjumlah 46 orang yang terbagi atas 2 kelas yakni XI IPA1 dan XI IPA2. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dari dua kelas masing-masing terdiri dari 15 orang dalam satu kelas yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (Active Knowledge Sharing dipadu dengan teknik Minute Paper dan tanpa teknik Minute Paper) dan kecerdasan intelektual (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN WAJO.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...