Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan media Flashcard dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman. Penelitian ini adalah penelitian Quasi-eksperimen. Pengumpulan data melalui tes keterampilan menulis karangan sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar yang terdiri dari 2 kelas yang hanya belajar bahasa Jerman yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Jumlah sampel 70 siswa, dan semua siswa tersebut dijadikan partisipan dimana dibagi menjadi 2 kelas yakni kelas kontrol dan eksperimen. Data dianalisis  menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 6,17 > tt 1,998 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Flashcard efektif digunakan dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017