Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra
Vol 1, No 1 (2017): Eralingua

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Sudarmi Sudarmi (Universitas Negeri Makassar)
Burhanuddin Burhanuddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah True experimental design. Data dianalisis  dengan  statistik inferensial. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.  Hasil analisis data yang diperoleh melalui uji-t adalah thitung (11,24) > ttabel(2,002) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan  keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

eralingua

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Eralingua has been published by Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar. This journal receives research articles which examine about foreign language which use various approaches like linguistics, education, and literature. The Journal ...