ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung melalui penggunaan alat peraga poster murid Tunarungu Kelas Dasar II SLB X. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah melalui alat peraga poster dapat meningkatkan kemampuan berhitung murid tuanrungu kelas dasar II pada SLB X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design, dimana dalam penelitian ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yakni sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penerapan alat peraga poster. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid tunarungu yang berjumlah 3 (tiga) orang murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dilakukan terhadap nilai yang diperoleh murid sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung murid tunarungu kelas dasar II SLB X meningkat dari tes awal ke tes akhir. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berhitung sebelum menggunakan alat peraga poster berada dalam kategori kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berhitung setelah menggunakan alat peraga poster menunjukkan adanya peningkatan yaitu berada pada kategori cukup mampu. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara kemampuan berhitung murid tunarungu kelas dasar II sebelum dengan sesudah menggunakan alat peraga poster. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan berhitung bagi murid tunarungu kelas dasar II SLB X. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Alat Peraga Poster, Tunarungu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016