Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Pembudayaan Nilai Pancasila Sila Berketuhanan Yang Maha Esa Sejak Dini di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banggai.Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perbandingan tetap dimana analisis datanya mencakup; reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, dan diakhiri dengan menyusun hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pembudayaan nilai Pancasila Sila Berketuhanan Yang Maha Esa sejak dini kepada peserta didik yaitu gambaran dari aktivitas/kegiatan yang didukung oleh guru dan tidak lepas peran orang tua  dalam berinteraksi dan saling mengarahkan ke hal-hal yang baik agar peserta didik terbiasa dengan pembudayaan sila Ketuhanan Yang Maha Esa Khususnya. Tentunya terhadap hal-hal baik, yakni mengarahkan dan sering mengajak anak ikut sholat 5 waktu secara berjamaah di mesjid, bagi anak kristiani orang tua mengajak anaknya ke gereja hari minggu, kalau untuk kerukunan tentu selaku orang tua selalu memberikan arahan untuk tidak saling mengejek, tidak boleh mengeluarkan kata-kata yang tidak baik. Dapat disimpulkan bahwa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banggai telah membudayakan nilai Pancasila Sila Berketuhanan Yang Maha Esa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018